Pertahanan Canggih Pada Ikan

Ikan selalu berhubungan erat dengan air, lingkungan tempat mereka hidup. Oleh karena itu, mereka secara permanen menjadi taget serangan mikroorganisme lain yang sangat bervariasi, seperti bakteri aerob dan anaerob, virus, parasit, jamur dan polutan.

Untuk melawan mikroorganisme patogen, epidermis dan sekresinya, lendir (mucus) berperan sebagai pelindung antara ikan dan lingkungan. Ikan dikelilingi oleh lapisan lendir yang terus menerus yang berperan sebagai penghalang fisik, kimia dan biologi pertama dari infeksi dan tempat interaksi pertama antara sel kulit dan patogen ikan.

Komposisi lendir sangat kompleks dan mencakup banyak faktor antibakteri yang disekresikan oleh sel kulit ikan, seperti imunoglobulin, aglutinin, lektin, lysin dan lisozim. Faktor-faktor ini memiliki peran yang sangat penting untuk membedakan antara mikroorganisme patogenik dan komersal dan untuk melindungi ikan dari patogen yang menyerang.

Selanjutnya, lendir kulit merupakan pintu utama masuknya patogen, karena menginduksi perkembangan biofilm, dan merupakan lingkungan mikro yang baik bagi bakteri, agen penyakit utama untuk ikan.

Salah satu pertahanan ikan adalah Imunoglobulin atau antibodi yaitu sekelompok glikoprotein yang terdapat dalam serum atau cairan tubuh pada hampir semua mamalia.

Imunoglobulin termasuk dalam famili glikoprotein yang mempunyai struktur dasar sama, terdiri dari 82-96% polipeptida dan 4-18% karbohidrat.

Komponen polipeptida membawa sifat biologik molekul antibodi tersebut.

Molekul antibodi mempunyai dua fungsi yaitu

– Mengikat antigen secara spesifik dan memulai reaksi fiksasi komplemen

– Pelepasan histamin dari sel mast.

Jadi Imunoglobulin adalah senyawa protein yang digunakan untuk melawan kuman penyakit (virus, bakteri, racun bakteri dll.

Lendir adalah pertahanan canggih pada ikan, dan dapat hancur karena banyak sebab. Untuk itu, menjaga ketersediaan lendir yang berkecukupan pada ikan akan menjadikan ikan hidup sejahter, sehat dan tidak mudah sakit.

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s