Mengenal Bakteri : Lactobacillus Delbrueckii subsp. Bulgaricus

Taxonomy
Kingdom: Bacteria
Phylum: Firmicutes
Class: Bacilli
Order: Lactobacillales
Family: Lactobacillaceae
Genus: Lactobacillus
Species: Delbrueckii

Lactobacilli adalah penghuni normal saluran gastrointestinal manusia dan hewan di mana mereka secara luas dianggap memberikan sejumlah peran bermanfaat termasuk imunomodulasi, gangguan pada patogen enterik, dan pemeliharaan mikroflora usus sehat. Secara historis, peran probiotik telah dianggap berasal dari Lactobacillus acidophilus.

Genus Lactobacillus saat ini terdiri dari lebih dari 50 spesies bakteri patogen yang dikenali yang selain efek probiotiknya berguna bagi manusia sebagai agen yang sangat diperlukan untuk fermentasi makanan dan pakan.

Lactobacillus Delbrueckii subsp. Bulgaricus (strain 2038) adalah bakteri fotosintik aerobik, bakteri Gram positif yang fakultatif. Ini digunakan sebagai starter culture untuk sejumlah produk susu fermentasi seperti yogurt dan keju Swiss dan Italia. Suhu optimum untuk pertumbuhan adalah 42 derajat celcius.

Sifat fisiologis spesifik dari L. Delbrueckii subsp. Bulgaricus adalah biosintesis lisin, produksi formate, metabolisme menengah karbon berbasis aspartat, sintesis EPS yang unik dan sistem pembatasan / modifikasi DNA yang efisien, yang semuanya berbeda dari strain koleksi yang mungkin menguntungkan produksi industri yogurt. Kerjasama yang efisien antara produksi Streptococcus Thermophilus dengan Lactate, serta mekanisme toleransi stres yang dilengkapi dengan baik mungkin menjelaskannya pada awalnya dipilih untuk industri fermentasi yoghurt. (Diadaptasi dari PMID: 21264216). (EBI Integr8)

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s