Probiotik Bagi Kesehatan.


Bakteri yang Baik untuk Manusia. Probiotik adalah organisme seperti bakteri yang terpercaya baik untuk kesehatan. Ini tersedia dalam suplemen dan makanan. Ide untuk mengambil bakteri hidup mungkin tampak aneh pada awalnya. Setelah semua, kita mengambil antibiotik untuk melawan bakteri. Tapi tubuh kita secara alami penuh dengan organisme tersebut. Sistem pencernaan adalah rumah bagi lebih dari 500 jenis bakteri. Ini membantu menjaga usus yang sehat dan membantu dalam mencerna makanan. Ia juga dipercaya membantu sistem imun.


Bersatulah.com - Bakteri yang Baik untuk Manusia


Bukti tentang manfaat probiotik semakin bertambah. Penelitian menunjukkan bahwa obat alami ini, yang mengandung mikroba bermanfaat, dapat membantu mencegah atau mengobati beberapa masalah pencernaan. Ini juga dapat membantu mengontrol sistem imun. Ini juga mungkin dapat melindungi dari infeksi pernapasan biasa.


Probiotik datang dalam berbagai bentuk, termasuk makanan seperti yogurt, kapsul, bubuk, dan cairan. Ada berbagai makanan dan suplemen yang mengandung satu atau lebih dari puluhan organisme probiotik yang berbeda. Setiap daripadanya terpercaya memiliki manfaat tersendiri.


Bagaimana Probiotik Berfungsi?

Peneliti percaya bahwa beberapa gangguan pencernaan terjadi ketika keseimbangan bakteri baik dalam usus terganggu. Ini dapat terjadi setelah infeksi atau setelah mengambil antibiotik. Masalah usus juga dapat timbul ketika lapisan usus rusak. Mengambil probiotik dapat membantu.


“Probiotik dapat meningkatkan fungsi usus dan mempertahankan integritas lapisan usus,” kata Dr. Stefano Guandalini, profesor pediatrik dan gastroenterologi dari Pusat Kedokteran, Universitas Chicago, USA. Organisme ramah ini juga dapat membantu dalam melawan bakteri yang menyebabkan diare.


Probiotik dan Sistem Imun

Ada juga bukti bahwa probiotik membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat. “Dalam masyarakat yang memiliki tingkat kebersihan yang sangat baik, kita telah melihat peningkatan tajam dalam penyakit autoimun dan alergi,” Dr. Guandalini memberitahu WebMD. “Ini mungkin disebabkan sistem imun tidak begitu ditantang oleh organisme patogen. Memperkenalkan bakteri dalam bentuk probiotik dipercaya bisa menantang sistem imun dalam cara yang sehat. ”


Peringatan tentang Probiotik

Biasanya, itu adalah aman untuk mengambil probiotik dan hanya menyebabkan sedikit efek samping. “Banyak orang dari berbagai budaya di seluruh dunia telah memakan yogurt, keju, dan makanan lain yang mengandung kultur hidup selama berabad-abad,” kata Dr. Martin Floch, seorang profesor gastroenterologi di Yale University, penulis bersama Probiotik: Panduan Klinis.


Namun, probiotik mungkin berbahaya bagi mereka yang memiliki sistem imun yang lemah atau penyakit yang serius. Satu studi menemukan bahwa pasien dengan pankreas yang buruk, yang telah diberi probiotik, memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. (ucay)


sumber: bersatulah.com

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s