Rahasia Di Balik Enzim Papain

Papain adalah enzim jenis protease yang terdapat pada getah pepaya. Cairan putih kental layaknya susu ini banyak dijumpai pada bagian batang, buah maupun daunnya. Volume getah pepaya ini jauh lebih banyak pada bagian yang muda ketimbang yang tua. Sebagai enzim, papain sangat ampuh memecah molekul protein. Berkat hal tersebut, enzim papain kemudian memiliki beragam manfaat bagi manusia. Baik itu dalam sektor rumah tangga dan juga skala besar seperti industri.

Manfaat Enzim Papain

Kemampuan enzim papain memecah molekul protein membawa berkah untuk manusia. Ada beragam manfaat papain ini, antara lain:

  1. Dalam skala industri, enzim papain populer digunakan dalam pengolahan daging. Kandungan enzim yang satu ini mampu melunakkan daging (meet tenderizer) yang alot. Dengan pemakaian papain, para pengusaha terhindar dari kerugian sebab pasar lebih menyukai daging yang gampang diolah ketimbang yang keras. Papain pelunak daging ini telah tersedia di pasaran. Komposisi papainnya telah ditakar dengan cermat dan bisa digunakan langsung pada daging. Persoalan takaran ini penting, sebab jika cermat, papain akan membuat rasa daging menjadi pahit.
  2. Selain digunakan sebagai pelunak daging yang alot, enzim papain juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk menghancurkan sisa atau hasil buangan industri utamanya pengalengan ikan. Papain juga populer sebagai konsentrat pengurai protein yang dipakai memproses pakan ternak juga ikan. Tidak berhenti sampai di situ.
  3. Oleh karena daya pecah proteinnya yang kuat, papain juga digunakan untuk menghidrolisis molekul protein. Papain diperlukan dalam pembuatan pepton juga sejumlah asam amino. Kedua unsur ini sangat diperlukan khususnya dalam penelitian mikrobiologi dan juga dalam beberapa jenis industri.
  4. Manfaat lain papain adalah sebagai pelembut kulit dalam industri penyemakan kulit. Dengan papain, manusia bisa menggunakan sarung tangan dari kulit yang telah lembut, jaket kulit, dan beragam produk dari kulit lainnya.
  5. Papain digunakan sebagai salah satu bahan aktif dalam proses prefarat farmasi misalnya obat gangguan pencernaan utamanya protein, gastritis, obat cacingan, dispesia dan masih banyak lagi lainnya.
  6. Papain banyak digunakan dalam kosmetik utamanya untuk wajah. Papain memang dikenal ampuh melarutkan sel kulit yang telah mati sehingga kulit wajah selalu segar. Selain untuk kosmetik, enzim papain juga digunakan dalam komposisi bahan pembuatan pasta gigi sebab ia bisa melenyapkan kotoran yang menempel di gigi.
  7. Sebagai bahan pencuci kain khusus misalnya sutera. Papain bisa mengeliminasi serat pada kain yang berlebih.
  8. Berperan sebagai pelarut gelatin utamanya dalam proses recovery perak yang sudah tidak lagi digunakan.
  9. Sebagai komponen bahan untuk merenyahkan kue kering misalnya cracker.
  10. Sebagai bahan untuk menjernihkan teh.
  11. Sebagai komponen penggumpal susu dalam proses pembuatan keju.
  12. Sebagai pencuci lensa sehingga lebih lembut dan bersih.

Untuk mengambil manfaat enzim pepaya ini, kita sebaiknya menggunakan pepaya dengan umur antara 2,5 sampai 3 bulan. Buah yang terlalu matang biasanya memiliki sedikit getah. Selain itu, saat menyadap getah pepaya, usahakan buah tersebut jangan dipetik melainkan dibiarkan menggelantung di pohonnya. Waktu penyadapan juga tidak sembarangan. Sebaiknya di pagi hari dimulai dari jam 5.30 sampai 8.00. Dan di sore hari, dimulai dari pukul 17.30 sampai 18.30.

Sumber: http://khasiatdaunpepaya.blogspot.co.id

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s