​Uji Efisiensi dan Efektivitas Vaksin HydroVac® untuk Penanggulangan Infeksi Aeromonas hydrophila pada Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)

Oleh: Berto Mulia Wibawa 

Dibawah Bimbingan : Rosidah dan Otong Suhara Djunaedi. 2010. 

Vaksin Ikan
Vaksin Ikan

Penelitian dilaksanakan dari tanggal 5 Juli sampai dengan 24 Agustus 2009 di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Sempur Bogor dengan penelitian pendahuluan pada tanggal 4 sampai dengan 28 Mei 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas Vaksin HydroVac® untuk menanggulangi infeksi Aeromonas hydrophila pada ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). 
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan, perlakuan yang digunakan adalah sebagai berikut : A (benih lele dumbo tidak diberi Vaksin HydroVac®), B (benih lele dumbo direndam oleh Vaksin HydroVac® rendaman ke-1), C (benih lele dumbo direndam oleh Vaksin HydroVac® rendaman ke-3), dan D (benih lele dumbo direndam oleh Vaksin HydroVac® rendaman ke-5).

Parameter yang diamati pada penelitian ini diantaranya tingkat kelangsungan hidup ikan, titer antibodi, diferensial leukosit, indeks fagositosis, dan kualitas air.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Vaksin HydroVac® efektif dan efisien dalam menanggulangi infeksi Aeromonas hydrophila hingga perendaman ulang ke-3 dengan tingkat kelangsungan hidup sebesar 96,25%. 

Selain itu pemberian Vaksin HydroVac® mampu meningkatkan respon limfosit dalam menyediakan zat kekebalan tubuh serta mempertahankan respon sel-sel fagosit untuk melakukan fagositosis terhadap adanya antigen baru pada saat terjadi infeksi Aeromonas hydrophila.

Advertisements

Author: EmpangQQ

Pasir Gaok Fish Farm adalah usaha budidaya Bibit Patin yang terletak di Desa Pasir Gaok Tengah, Kec. Rancabungur, Kab. Bogor - JAWA BARAT. Dengan dukungan 2 unit indoor hatcheries setiap bulan mampu mencetak bibit ikan Patin (Pangasius Djambal, Pangasius Pangasius) sampai dengan 2 Juta ekor bibit ukuran 3/4 inci dan 1 inci.

Silakan Tinggalkan Pesan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s