Seputar Antibiotik

​Beberapa penyakit pada ikan Patin disebabkan oleh bakteri. Untuk menanggulangi masalah bakteri, pembudidaya menggunakan obat antibiotik sebagai salah satu cara penyembuhan.

Berikut beberapa hal tentang obat antibiotik yang perlu untuk diketahui.

✩ Antibiotik adalah sebuah substansi yang dihasilkan dari mikroorganisme dalam konsentrasi rendah, sehingga dapat membunuh mikroorganisme lain.

✩ Antibiotik harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Penggunaan antibiotik berlebihan justru akan membuat tubuh ikan rusak dan menyebabkan bakteri menjadi kebal obat.

✩ Penggunaan antibiotik yang terlalu banyak nyatanya tidak hanya membunuh bakteri jahat dalam tubuh ikan, melainkan juga membunuh bakteri baik yang diperlukan tubuh. Ketika bakteri-bakteri baik ini mati, maka tempatnya semula akan digantikan dengan bakteri yang jauh lebih jahat.

✩ Kemudian, bakteri yang jahat ini akan mengalami kekebalan karena sudah terbukti berhasil melewati dosis antibiotik yang kuat. Bakteri jahat dalam tubuh ikan akan mengalami mutasi dan menjadi resisten terhadap antibiotik biasa.

✩ Ketika bakteri jahat ini tidak bisa dikalahkan, maka tubuh ikan  membutuhkan antibiotik dengan dosis lebih kuat. Hal ini akan berlanjut dengan kemampuan mutasi bakteri sehingga pada akhirnya tidak ada lagi antibiotik yang bisa membunuhnya.

✩  Karena itulah dianjurkan bijak dalam menggunakan antibiotik, gunakan dosis sesuai anjuran.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati”

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s