Membuat Pelet Apung

Membuat adonan pelet tidak sulit terutama pada pembuatan pelet yang biasa, namun pelet yang biasa pengolahanya, sangat mudah sekali tenggelam.

image

Untuk pelet yang bisa terapung, perlu melalui tahapan pengolahan secara khusus, penyebab pakan pelet tidak bisa lama terapung di air dikarenakan bahan yang dicampur belum komplek atau belum pas pada takaranya. Biasanya terdapat pada bahan ikan yang di haluskan belum cukup kering, ikan bekas yang di haluskan harus benar-benar berbentuk tepung dan kering, cara pengerjaanya juga sangat mudah yaitu dengan cara menjemur ikan tersebut atau menggunakan bantuan mesin oven dan mesin penepung halus.

Tahap Pembuatan Pakan Apung

✩ Langkah awal untuk membuat pelet apung adalah dengan memasukkan bahan yang bersifat perekat (misalnya tepung tapioka, tepung gaplek atau tepung onggok) dengan pemakaian sekitar 10% sampai 20% dari total campuran pakan total.
✩ Tambahkan air secukupnya agar bisa mengikat adonan lainnya.
✩ Masukkan bahan sumber protein utama (misalnya tepung ikan, tepung kepala udang atau tepung tulang) minimal 20% dari total campuran pakan total.
✩ Masukkan bahan pelengkap lainnya seperti dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total campuran pakan total. Atau bila menggunakan bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%.
✩ Untuk pelengkap lainnya seperti minyak ikan maksimal 10% dari total campuran pakan total. Bisa juga ditambahkan 1% sampai 2% kalsium karbonat atau kapur dan juga sekitar 1% sampai 3% vitamin B komplek dan vitamin lainnya.
✩ Semua bahan ini kemudian dimixer selama 10 menit hingga benar-benar rata.
✩ Terakhir campuran ini diolah dengan mesin ekstruder sistem kering. Secara otomatis pelet yang dihasilkan sudah dalam keadaan kering dan memiliki sifat pakan apung.

Penggunaan Mesin Ekstruder

Gunakan mesin Ekstruder sebagai alat bantu pada tahap pencampuran atau homogen. Mesin Ekstruder dapat berguna untuk menghasilkan pakan sesuai ukuran yang anda inginkan. Guna untuk mengkompres kepadatan pada pelet karena homogen pada adonan, menggunakan mesin ini dapat mengirit waktu dan tenaga, jika anda ingin membuat dengan sekala besar maka menggunakan mesin sangat cocok.

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s