Bawang Putih efektif menghilangkan parasit bertaring pada ikan

Bawang Putih

Bawang Putih

Dalam film bawang putih sering digunakan sebagai pengusir Vampire. Namun, mungkin ada benarnya dibalik kisah fiksi dalam film, telah ditemukan fakta bahwa makanan ikan yang diberikan supplement yang mengandung extract bawang putih mampu menjaga ikan dari parasit bertaring.

Monogenea – ectoparasitic flukes

Monogenea – ectoparasitic flukes

Parasit dapat sangat membahayakan kenyamanan ikan budidaya. Khusus, parasit flat-worm monogenean, Neobenedenia sp., yang menyebabkan banyak kerugian bagi petani pembesaran ikan.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa makan ikan yang mengandung bawang putih secara signifikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, kami ingin mengambil penelitian ini pada langkah lebih lanjut untuk menguji apakah ada pengaruh obat terhadap parasit” jelas Thane Militz dari James Cook University of North Queensland

Thane Militz menambahkan “Hasil tak terduga dari penelitian ini adalah bahwa ikan tampaknya senang dengan bawang putih! Sebuah trend yang konsisten antara semua studi adalah ikan yang diperkaya extract bawang putih pada pakan menunjukan nafsu makan yang lebih banyak, dibandingkan dengan menggunakan obat dipasaran (zat kimia) untuk mengobati parasit memiliki track record yang buruk. Dengan obat kimia, respon ikan terhadap pakan kurang baik, karena rasa pahit. Dengan pengobatan komersial ikan hanya membuang pelet keluar setelah mereka mendapatkan rasa pahit obat, kami memiliki cukup hasil yang berlawanan dengan pakan yang diperkaya bawang putih. Bawang putih menawarkan potensi yang sangat besar sebagai obat antiparasit umum yang dapat dengan mudah diberikan ke semua jenis ikan.”

Penelitian dilakukan oleh Thane Militz, Professor Paul Southgate, Guy Carton dan Kate Hutson dari the School of Marine and Tropical Biology and the Centre for Sustainable Tropical Fisheries and Aquaculture.

Thane Militz. adalah Aquaculture Researcher. Marine Parasitology Laboratory. PhD Candidate, Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR)

 

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s