Parasit Malas

Malas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Definisi malas KBBI

Rasa malas sepertinya merupakan sejenis penyakit mental. Siapa pun yang dihinggapi parasit malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas-jelas sangat merugikan. Seperti bibit ikan yang dihinggapi puluhan parasit trichodina ‘si ban truk’, sulit bergerak, susah bernafas, berdiam diri dipinggir-pinggir empang menanti kebinasaan.

a,b. Trichodina heterodentata: a, live, carp, Israel; silver impregnated, O. aureus x niloticus, Israel. c. Scanning electron microscopic (SEM) view of T. reticulata of goldfish. d,e. SEM view of O. aureus x niloticus gill infection with Tripartiella cichlidarum; f. same as d, in histology. Source: FAO.ORG

a,b. Trichodina heterodentata: a, live, carp, Israel; silver impregnated, O. aureus x niloticus, Israel. c. Scanning electron microscopic (SEM) view of T. reticulata of goldfish. d,e. SEM view of O. aureus x niloticus gill infection with Tripartiella cichlidarum; f. same as d, in histology.
Source: FAO.ORG

Sukses dalam karir, bisnis, dan kehidupan umumnya tidak pernah datang pada orang yang malas. Parasit malas juga menggambarkan hilangnya motivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan atau apa yang sesungguhnya dia inginkan. Celakanya, bila parasit malas pesat menghinggapi anggota tim kerja lainnya, maka akan rusak tatanan kerja dan akan menurunkan kinerja tim. Bagaimana bisa stakeholder yang malas dalam budidaya perikanan mengidentifikasi serangan parasit trichodina apabila parasit malas dalam dirinya dianggap hal biasa?

Menurut (Edy Zaqeus: 2008) Rasa malas diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam keluarga besar rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban, bersembunyi dari pimpinan (khawatir diberi tugas atau diberi teguran) dan lain sebagainya.

Pendapat lain menyebutkan bahwa malas juga merupakan salah satu bentuk perilaku negatif yang merugikan. Pasalnya pengaruh malas ini cukup besar terhadap produktivitas.
Dalam meraih kesuksesan harus bertekad bersungguh-sungguh dalam mewujudkannya karena bersakit-sakit dahulu bersenang senang kemudian, jadi berusaha harus bersusah payah dahulu sebelum dapat meraih kesuksesan dan menggapai tujuan yang diharapkan.Semua itu tidak akan dapat dicapai hanya dengan bermalas-malasan dan duduk manis berpangku tangan, tetapi dengan usaha keras untuk meraihnya dan mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan.
lezy fish 1
Beberapa nasehat yang mungkin membantu mengusir rasa malas,
“Seseorang yang membaca terlalu banyak dan menggunakan otaknya terlalu sedikit akan menjadi kebiasaan malas untuk berpikir.” (Albert Einstein)
“Menyalahkan adalah cara orang malas untuk menciptakan kekacauan.”
“Orang malas cenderung tidak mengambil peluang, tapi mengekspresikan diri dengan menghancurkan pekerjaan lain.”
“Terbitkan suatu ambisi untuk tidak memiliki rasa ingin malas”
“Intermittent adalah perisai orang malas yang tidak tahu lagi cara berfikir positif”
“Saya seorang pemalas. Karenanya saya menemukan roda dan menciptakan sepeda, dengannya mereka tidak seperti berjalan atau membawa sesuatu.”
dolphin-leaping-out-of-water-doing-an-aerial-loop
Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s