Ciri Pegawai yang Tidak Produktif

    Manusia terlahir dengan keberagaman sifat antara satu dengan yang lain. Pembentukan sifat yang dimiliki oleh individu tergantung dari tempat tinggal, pendidikan serta lingkungan sosial. Ketika Dewasa, terkadang sifat manusia sulit untuk mengalami perubahan, dan bahayanya adalah jika sifat-sifat yang kurang ideal terbawa dalam lingkungan kerja.

image

    Dalam dunia kerja atasan menginginkan karyawan yang bersifat baik seperti rajin, disiplin dan produltif. Tidak cuma atasan, rekan kerjapun pasti demikian, menginginkan tim yang memiliki sifat-sifat ideal. Namun bagaimana jika satu diantara rekan kerja atau mungkin kita memiliki sifat-sifat yang tidak baik. Siap-siap aja dech untuk tidak disukai atasan kita.

    Mau tahu sifat seperti apa saja yang dimiliki pegawai yang tidak di sukai atasan, berikut Tim Kerjayuk sajikan beberapa ulasannya

    1. Non Kooperatif

    Tim yang baik adalah tim yang mampu bekerja sama di semua bagian, baik atasan maupun bawahan. Nah, bagaimana jadinya apabila dalam satu tim ada seorang pegawai yang memiliki sifat tak mau bekerja sama. Pastinya hal tersebut tidak hanya merugikan tim tetapi juga merugikan perusahaan. Jadi, bagi Anda yang masih memiliki sifat tersebut dalam lingkungan kantornya, mending segera diminimalisir dan dihilangin dech, dari pada harus dibenci ma atasan dan teman-teman tim lainnya.

    2. Pemalas

    Tak hanya dalam dunia kerja, dalam aktifitas manapun jika kawan kerjayuk memiliki sifat demikian, pastinya akan dibenci oleh orang-orang sekitar, ‘ga percaya silahkan buktikan sendiri hehehe.

    Dalam sebuah tim, sifat pemalas akan menghambat kinerja tim, bayangkan jika anggota tim lain sudah bergerak menuju target sedangkan Anda masih berleha-leha. Pastinya si boss/atasan akan mencak-mencak kepada kita.

    3. Sok Tahu

    Lebih tahu tentang sesuatu hal dibandingkan rekan kerja yang lain emang bagus, namun apa jadinya klo kita ‘ga tau, namun berlaga tau hehehe wah, bisa celaka kawan.

    Lewat sifat seperti itu biasanya kita akan berpegang teguh pada prinsip kita yang belum tentu benar atau bahkan mungkin tidak benar sama sekali. Sifat seperti ini selain dibenci dengan atasan juga akan membuat kita lama berkembang, karena kita kan selalu “menutup telinga” dari masukan dan arahan yang bermanfaat dari orang lain.

    4. Sering menyalahkan

    “Siapa yang berbuat, dialah yang harus bertanggung jawab” sama halnya dengan peribahasa tersebut, atasan atau pimpinan akan senang memiliki karyawan yang bertanggung jawab, dan sebaliknya karyawan yang memiliki sifat menyalahkan dan mencari kambing hitam atas kesalahan pekerjaannya sangatlah di benci baik oleh rekan kerja maupun atasan.

    5. Tukang Gosip

    Pastikan jika dalam lingkungan kantor, Anda lebih banyak melakukan aksi dibandingkan berdiskusi mengenai hal-hal yang kurang penting. Berdiskusi memang diperlukan untuk menjaga komunikasi sesama rekan kerja namun apa jadinya jika hal yang kita diskusikan adalah mengenai orang lain yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan kita. Tidak bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu saja bukan.

    6. Musuh Perusahaan

    Ketidakpusaaan terhadap kebijakan yang perusahaan ambil bukan berarti Anda seenaknya bebas menjelek-jelekkan perusahaan untuk mencari pembenaran atas ketidak mampuan Anda dalam produksi. Lakukanlah yang terbaik dan dengan sendirinya Anda akan menjadi favorit atasan dan perusahaan Anda, bukan malah menjadi musuh.

    7. Tidak tepat waktu

    Selain karyawan yang memiliki produkstifitas tinggi, ketepatan dalam target merupakan hal lain yang di dambakan atasan terhadap karyawannya. Bayangkan, apabila pekerjaan kita selalu molor dari waktu yang telah ditagetkan pastinya hal tersebut akan merugikan perusahaan dan memberikan nilai negatif kita di mata atasan.

    Memang masih bayak lagi sifat-sifat lain yang menjadikan kita dipandang negatif bahkan di benci oleh atasan. Namun, ke 7 (tujuh) sifat tersebut sepertinya sudah cukup memberikan efek buruk terhadap kita apabila dibiarkan terus menerus berada dalam diri kita tanpa harus berusaha mencoba meminimalisir dan menghilangkannya.

    Salam sukses dan selamat belajar menjadi pegawai yang baik kawan.

Sumber: kerjayuk.com

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s