Bersyukur Atas Segala Nikmat

animated_water

Air adalah sumber daya alam yang paling berharga yang sangat diperlukan oleh makhluk untuk memenui kebutuhan hidupnya. Air di bumi ini sekitar 95% adalah air asin sedangkan 5% berupa airtawar, hal ini tentu saja menjadi perhatian yang sangat penting mengingat keberadaan air yang bisa dimanfaatkan terbatas sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas sehingga perlu suatu pengelolaan yang baik agar air dapat dimanfaatkan secara lestari. Bagaimana kita mengelola air hari ini akan mempengaruhi hampir setiap aspek masa depan kehidupan kita.

Dalam pembibitan ikan sistem tertutup kebutuhan air membutuhaan air setidaknya 250.000 liter per satu kali siklus produksi. Kalau satu unit aquarium ukuran 50 x 100 x 200 cm digunakan sebagai media budidaya bibit ikan Patin, maka diperlukan air sebanyak 800-900 liter per aquarium, bila menggunakan 85 unit aquarium dengan ukuran yang sama maka air yang diperlukan sekitar 70.000 liter air. Kurang lebih setara dengan 2 kali muatan truk Box Tronton ukuran box  6.85 x 2.40 x 2.10 meter.

Padahal dalam jangka waktu budidaya dari mulai tebar telur sampai dengan panen ukuran ¾ inci setidaknya perlu 3 kali 70.000 liter kebutuhan air, yaitu untuk proses penggantian air setelah penyiponan, proses pencucian pakan dan kebutuhan pengisian air saat penjualan hasil panen.

An Nahl - 10

Terkadang terasa miris, manakala daerah lain kekeringan, sulit mencari sumber air, sedangkan kami bersyukur dapat kesempatan hidup didaerah yang mudah mendapatkan air (setidaknya sampai dengan saat ini).  Ya setidaknya sampai dengan saat ini, sampai Yang Maha Kuasa menentukan takdir lain. Sampai kami sekampung, sekelurahan, seprovinsi, senegeri ini melakukan ke dzaliman yang nyata (menjadi musyrikin)

Huud - 44

Semoga kita semua dapat menggunakan air dengan bijak dan seperlunya, dan semoga keimanan tetap dihati kita, tidak mempersekutukan Dia, ALLAH Ta’ala, dengan yang lain.

Advertisements

Author: EmpangQQ

Pasir Gaok Fish Farm adalah usaha budidaya Bibit Patin yang terletak di Desa Pasir Gaok Tengah, Kec. Rancabungur, Kab. Bogor - JAWA BARAT. Dengan dukungan 2 unit indoor hatcheries setiap bulan mampu mencetak bibit ikan Patin (Pangasius Djambal, Pangasius Pangasius) sampai dengan 2 Juta ekor bibit ukuran 3/4 inci dan 1 inci.

Silakan Tinggalkan Pesan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s