Prospek Cerah Budidaya Ikan Patin

 

Dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemerintah menargetkan produksi ikan patin Indonesia hingga 1,883 juta ton pada 2014. Selama ini untuk memenuhi pasokan ikan patin, pemerintah masih mengimpor dari Thailand. Belakangan pemerintah berjanji akan menghentikan import ikan Patin.

Tahun ini pemerintah telah menetapkan kawasan minapolitan percontohan, dari seluruh total 197 kawasan minapolitan yang telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan hingga 2014. Semua itu bertujuan untuk menutup keran impor.

Daerah seperti Desa Cinda Alus, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan banyak petani ikan disana sudah merasakan dapat keuntungan mencapai miliaran rupiah dari sekali panen ikan Patin ukuran pedaging. Di kawasan budi daya ikan patin Desa Cindai Alus, setiap hari produksi patin mencapai 4-5 ton. Tidak sedikit dari para pemilik usaha patin di Kabupaten Banjar bisa menabung karena keuntungan mereka hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Sementara di daerah Lampung Timur, petani di sana memilih segmen pendederan sampai ukuran 2 inci, untuk kemudian dijual kepada petani pedaging di Palembang. Dengan menekuni segmen pendederan ini dengan sekala permodalan yang relatif menengah kebawah, seorang petani dapat meraup keuntungan bersih puluhan juta perbulan.

Untuk alasan tersebut, Pasir Gaok Fish Farm yang terletak di desa Pasir Gaok Tengah, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, bertekat untuk dapat memproduksi bibit patin ukuran 3/4 inci minimal sebanyak 3 juta ekor perbulan. Dengan dukungan dua unit farm diharapkan setiap dua minggu tersedia bibit patin ukuran 3/4 inci sebanyak 1.5 juta ekor.

Tahap berikutnya kami akan membangun area pendederan II, yaitu pemeliharaan benih dari tingkat ukuran 3/4 inci sampai ketingkat benih ukuran 2.5 – 3 inci. Produksi dari pendederan II ini diperuntukan bagi petani karamba waduk di propinsi Jawa Barat.

Semoga tekad pemerintah untuk meningkatkan produksi Patin nasional dapat tercapai.

Salam,

 

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s