Pemijahan Ikan Patin (bagian I)

Keberhasilan memijahkan ikan patin sangat tergantung pada perlakuan terhadap indukan. Berikut perlakuan yang kami berikan untuk induk patin sebelum dilakukan penyuntikan.

1. Memelihara Indukan.
image

Induk betina dan induk jantan dipelihara pada kolam terpisah. Pakan yang diberikan berupa pelet apung khusus indukan setiap pagi dan sore hari. Dan setiap tiga hari sekali diberi pakan tambahan berupa keong mas dan bekicot.
Dua minggu sebelum hari penyuntikan, indukan betina dipilih dan dikarantina dikolam tembok ukuran 3 x 6 meter kedalaman 1 meter. Dikolam ini induk dirawat lebih intensif, aliran air masuk agak lebih deras untuk menghilangkan lemak. Diberi pakan pelet dicampur extract bawang putih dan daun sirih. Tujuannya adalah agar induk sehat menekan pertumbuhan bakteri aeromonas.

2. Persiapan Farm.
Lima hari sebelum penyuntikan, aquarium perlatan farm seperti net scoope, pisau cacah cacing, bantalan cacah cacing, botol kultur artemia, baskom wadah telur dicuci bersih dan dikeringkan, dijemur dibawah terik matahari bila memungkinkan. Lalu seluruh area farm dilakukan penyemprotan dengan disinfektan. image

Tujuan kegiatan ini adalah berupaya agar benih patin yang dihasilkan tidak terserang penyakit. Selain merugikan pembudidaya, ikan yang pernah terserang penyakit akan berdampak pada hasil panen pembeli.

3. Seleksi Indukan.

image

Dua hari sebelum penyuntikan, induk yang sudah terpilih dan dirawat intensif dikolam khusus dilakukan seleksi. Dengan menggunakan kateter dan microskop, sample telur yang diambil menggunakan kateter diteliti dengan mikroskop. Secara kesat mata telur yang matang berwarna putih kekuningan, besar seragam, bila diusap lembut gumpalan telur terpisah sempurna. Dengan mikroskop dapat terlihat sisi gelap yang merapat kediding telur dan ada titik mata embrio serta ada secercah ruang kosong bening.
Untuk telur yang belum waktunya dipijahkan secara kesat mata berwarna putih dengan besar tidak.seragam. Bila dilihat dengan mikroskop telur yang belum matang terlihat putih kapas semua atau disisi dinding telur terlihat guratan darah.
image

Untuk induk yang benar-benar matang gonad ditimbang dan dipindahkan ke kolam khusus ukuran 3 x 7 meter kedalaman 50 cm. Induk tidak diberi makan sampai dipijahkan. Antara betina dan jantan dipisahkan.

(bersambung… Insya Allah)

Advertisements

Silakan Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s